Saturday, January 5, 2013

Bintang Sebagai Petunjuk




"...Para sahabatku seperti bintang..." 

Kalau orang-orang dahulu kala bisa mengetahui apakah akan terjadi hujan atau tidak melalui bintang-bintang di langit, atau mereka bisa mengetahui kejadian apa yang akan terjadi kemudian dengan melihat bintang-bintang di langit, berarti bintang-bintang itu tidaklah terletak di sembarang tempat , melainkan terletak sesuai dengan posisinya. Kalau dalam ilmu alam,bintang adalah benda langit yang memancarkan cahaya sendiri. Seperti matahari, komet, meteor, dll.

Bintang-bintang itu mempunya posisi, tanda, dan fungsi masing-masing. Kalau kita pelajari ilmu falak atau astronomi, maka kita bisa mengetahui bahwa ada bintang yang mempunyai nama pada posisi tertentu. Untuk lebih jelasnya, bisa googling atau bertanya kepada yang ahli.

"Bintang, malam hari menghiasi langit, bersama bulan menjadi penerang. "

Kalau teringat dengan kata "bintang", saya teringat dengan hadits Nabi yang artinya seperti ini : " Para Sahabatku seperti bintang, dimanapun kalian mengikuti mereka, niscaya kalian akan mendapat petunjuk"
Nabi meng-umpamakan para sahabat nya seperti bintang yang akan memberikan petunjuk jika kalian mengikuti. Nabi mengumpamkan seperti demikian pasti karena ada nya kesamaan sifat antara para sahabatnya dengan bintang. Apa kesamaan sifat tersebut ? ya itu tadi, akan memberikn petunjuk dari manapun kalian mengikuti mereka. Sahabat itu banyak, ribuan. Seperti bintang di langit yang tak terhitung jumlahnya. Mereka memancarkan cahaya sendiri, mereka mempunyai cahaya sendiri. Menjadi penerang bagi sekitar.

Selanjutnya tentang bintang, mungkin di Al-quran sudah ada beberapa kode yang kita masih belum mampu untuk mengungkapnya. Perlu penelitian dan guru yang memumpuni kalau mau terus belajar tentang bintang ini. Dalam bahasa arab, bintang ini disebut "an-najm" atau "nujum". Mungkin bisa kita cari di Alquran kata tersebut, lalu kita renungi.

Inti yang mau sampaikan adalah bahwa tidak ada yang sia-sia dari alam ini. Alam ini penuh kode karena ia juga merupakan ayat kauniyah Tuhan. Yang bisa membacanya maka dia akan memahaminya.

ah ini hanya pikiran yang tetiba terlintas, mohon maaf kalau tidak jelas dan mohon koreksinya jika ada salah. Semoga kita selalu dalam bimbingan-Nya.
Wallahu 'a'lam bisshowab 

Description: Bintang sebagai petunjuk. Membaca alam: 4.5

2 comments:

  1. Setuju Bang, tidak ada yang sia-sia yang tercipta di dunia ini memang.. :D

    ReplyDelete

Silahkan komen .......